Selasa, 11 Mei 2010

Revisi Akuntansi Perbankan

AKUNTANSI PERBANKAN

Adalah suatu proses akuntansi bank untuk kepentingan pencatatan,penganalisaan dan penafsiran data keuangan guna memenuhi kebutuhan berbagai pihak.
Laporan keuangan bank harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang telah diterima secara luas.

Tujuan akuntansi perbankan ialah menyediakan informasi keuangan mengenai suatu perusahaan yang akan digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

Konsep Dassar Akuntansi:
1. Kesatuan akuntansi
2. Kesinambungan perusahaan
3. Periode akuntansi
4. Pengukuran dalam nilai uang
5. Harga perolehan
6. Penetapan pendapatan biaya
7. Konsistensi
8. Objektivitas
9. Materialitas
10. Konservatisme
11. Pernyataan terbuka
12. Realisasi

Sifat Dan Keterbatasan Laporan keuangan:
- Proses penyusunan laporan keuangan tidak luput dari penggunaan taksiran dan berbagai pertimbangan.
- Laporan keuangan bersifat konservatif dalam mengahadapi ketidakpastian
- Adanya alternative metode akuntansi yang dapat digunakan menimbulakn variasi dalam pengukuran sumber-sumber ekonomis dan tingkat kesuksesan antar perusahaan.

Proses Akuntansi Bank sama dengan akuntansi umum tetapi banyak diperlukan buku pembantu untuk mencatat dan mengikuti arus data keuangan atas seluruh transaksi yang terjadi dalam bank.

Database dalam computer adalah database yang ada dalam bentuk suatu bank,dapat disajikan sesuai dengan kehendak manajemen.Macamnya data dan banyaknya data yang hendak disajikan harus dapat dimanipulasi oleh si pemakai database.

Akuntansi Sumber Dana

1. Giro adalah Simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindah bukuan.
2 Transaksi Giro dapat dilakukan dari peristiwa setoran nasabah baik tunai maupun kliring maupun setotan dari transfer.
3 Tabungan adalah simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan oleh si penabung sewaktu waktu dikehendaki.
4 Deposito adalah simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan setelah jangka waktu yang telah disetujui berakhir.
5 Modal pinjaman adalah pinjaman yang didukung dengan menggunakan instrument yang disebut capital notes dan mempunyai sifat modal sendiri.
- Ciri-ciri modal pinjaman:
1. Tidak dijamin oleh bank penerbit dan sifatnya dipersamakan dengan modal serta telah dibayar penuh.
2 Tidak dapat dilunasi atau ditarik atas inisiatif pemilik.
3 Mempunyai kedudukan yang sama dengan modal dalam hal jumlah kerugian bank melebihi laba ditahan dan cadangan-cadangan yang termasuk modal inti, mesikipun bank belum dilikuidasi.
4 Pembayaran bunga dapat ditangguhkan apabila bank dalam keadaan rugi atau labanya tidak mencukupi untuk membayar bunga tersebut.
6 Modal Bank adalah Hak pemilik bank kepada bank yang bersangkutan,yang merupakan modal awal saat pendirian bank yang jumlahnya telah ditetapkan dalam suatu ketentuan bank.

Akuntansi Penanaman Dana Bank

- Penanaman dana bank meliputi penanaman dana dalam alat likuid atau kas, penanaman dana pada lembaga keuangan, penanaman dana dalam bentuk perkreditan dan penanaman dana dalam akativa tetap.

- Tujuan Penanaman Dana adalah untuk memperoleh pendapatan bank melalui penciptaan aktiva produktif yang menghasilkan

- Jenis penanaman dana antara lain: remise atau pengiriman uang antar cabang dalam bentuk suatu bank, penanaman pada bank lain dalam bentuk giro, deposito berjangka , call money, deposito deposits on call, surat berharga, serta penanaman dana dalam bentuk kredit.
Penanaman Dana Kas harus memperhatikan dasar kebutuhan dana rata-rata uang tunai setiap hari.
Tujuan penanaman dana dalam kas:
 Untuk kegiatan operasional
 Untuk memelihara likuiditas
 Untuk menghindari terjadinya over
 Untuk memanfaatkan kelebihan dana
 Pendapatan

Remise adalah pengiriman uang secara fisik dari satu bank ke bank lain atau dari satu cabang ke cabang lain.
Surat Berharga adalah penanaman uang dalam bentuk surat berharga bersifat sementara dan untuk dijual kembali saat diproyeksikan adanya keuntungan dari surat berharga tersebut.
BANK adalah Lembaga Keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam bentuk lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar